TIPS MENABUNG
PERSONAL, PRODUCTIVITY

Tips Sukses Menabung

Berawal dari sebuah obrolan ringan tanpa topik di pagi hari ini dengan adik saya yang pertama, obrolan kami kemudian mengalir ke pembahasan seputar menabung. Sekilas info, saya ini 3 bersaudara, kedua adik saya laki-laki dan adik pertama saya ini adalah yang paling pintar menabung. Dialah yang selalu dibanggakan orangtua dalam urusan menyimpan uang jajannya.

Lalu karena kebetulan tadi pagi kami membahas soal tabung menabung, akhirnya saya tanyai dia beberapa pertanyaan. Soalnya jujur saya penasaran sekali bagaimana cara dia menabung sementara setiap hari ia kuliah pulang pergi di Jakarta Barat. Dan akhirnya dia membagikan beberapa tips dibawah ini, nah buat kalian yang juga lagi kesusahan menabung silakan lanjut baca ya.

1. MENABUNGLAH SEKARANG JUGA

Mulailah menabung dan menyisihkan uang SEKARANG bukan NANTI. Karena jika selalu menunda dengan kata nanti, maka akan berakhir dengan TIDAK PERNAH.

 

2. MEMBIASAKAN UNTUK MENAHAN DIRI

giphy

Menahan diri bukan berarti tidak boleh membeli, melainkan membeli saat diperlukan saja. Kalau tidak bisa menahan diri maka uang akan terus terpakai.

 

3. MULAILAH MENABUNG SEDIKIT DEMI SEDIKIT

Banyak orang yang mungkin berpikir menabung dalam jumlah sedikit adalah percuma karena membayangkan lama nya waktu yang dibutuhkan untuk uang dapat terkumpul. Tapi pemikiran seperti inilah yang justru salah, tabunglah apa yang ada atau sisihkan sejumlah tertentu. Uang yang dulu dipikir enggak seberapa akan bermanfaat di kemudian hari jika konsisten disisihkan.

 

4. MINIMALKAN PENARIKAN TUNAI

Tidak perlu mengambil uang dari atm dalam jumlah yang banyak. Soalnya uang yang diambil itu enggak mungkin akan kembali atau dapat ditabung, pasti bakalan ludes dengan cepat. Jadi seperlunya saja mengambil uang dari ATM. Cara ini menurut saya pribadi pun sangat membantu dan memang efektif dalam mengontrol pengeluaran. Karena potensi menjadi konsumtif sangat besar ketika kita memegang dan mengetahui ada uang tunai dalam dompet. Lebih baik batasi uang pegangan supaya tangan enggak gatel mau beli ini itu.

 

5. JANGAN WINDOW SHOPPING

tumblr_lwkq06mjhn1qezqfno1_500

Poin ini saya tambahkan berdasarkan pengalaman pribadi. Kejelekan dan keburukan saya yang selalu akhirnya bikin gagal menabung yaitu cuci mata alias window shopping. Terlalu sering bahkan sampai enggak bisa terhitung seberapa seringnya. Saya selalu mampir ke sebuah toko dengan niat awal ‘liat liat aja’ tapi pasti akan dan selalu berakhir keluar toko dengan menenteng belanjaan. Ini bisa toko apapun ya, literally a-p-a-p-u-n! alfamart, indomart, family mart, ceria mart, dandan, baby shop, toko peralatan rumah tangga, toko baju, toko sepatu, giant, superindo. Atau mampir di toko online, mau itu tokopedia, bukalapak, flash sale nya shopee, lapak temen di IGF, lapak orang di IG, dll dll dll.

Saya memang enggak pegang banyak uang tunai di dompet tapi saya menggesek kartu debit saya, malahan sekarang lebih parah deh, yaitu menggesek kartu kredit suami. Atau dengan sangat mudahnya membayar belanjaan online dengan klikBCA. Iya window shopping memang sebahaya itu kalau kalian tipe orang yang enggak kuat iman. So please hindari cuci mata.

 

OKE DEH !!! Segitu dulu post kali ini, memang pendek dan kayaknya ini post terpendek deh. Tapi memang sengaja saya enggak banyakin cuap-cuap dalam setiap poin nya supaya kalian bisa menerimanya dengan mudah tanpa terkesan ribet. Semoga cukup membantu ya. Selamat menabung!

Leave a Reply

Required fields are marked*