3-tips-agar-ketiak-mu-tidak-hitam
BEAUTY, BODY & MIND

Baca 3 Tips Ini Agar Ketiak Mu Tidak Hitam

Saya yakin deh hampir sebagian besar wanita pengen ketiaknya nggak hitam. Meskipun mereka nggak ada niat untuk dipamerin dengan pakai baju-baju tanpa lengan. Kayak saya misalnya, saya mana pernah sih pakai baju tanpa lengan keluar rumah. Malu duluan, lah wong lengan saya aja kayak tukang pukul, kalau kata temen saya malah kayak leher sapi 😢 Tapi aneh karena selalu sebel liat ketiak sendiri yang hitam dan nggak mulus gitu kayak kulit ayam.

Nah gimana buat wanita wanita diluar sana yang peduli banget penampilan dan selalu hunting pakaian wanita tanpa lengan yang lucuk-lucuk? Feeling saya sih tentu pasti area ketiak akan betul-betul diperhatikan 😄 ya kali kan atasannya udah kece tapi nggak pede angkat tangan karena ketiaknya nggak paripurna. Angkat tanganmu shaggy!

Based on my real story

Dulu saya punya ketiak yang nggak febeles, tapi semua berubah karena suatu kejadian. Tiba-tiba pada suatu hari yang cerah dan bahagia, entah kenapa ketiak saya gatal hebat luar biasa. Karena nggak ngerti ada apa, ya saya garuk aja. Ternyata gatal-gatal hebat ini berlanjut terus di hari-hari mendatang nggak terkecuali saat malam hari pada saat saya tidur. Secara nggak sadar saya garuk kenceng tiap malam saking nggak kuat sama gatelnya.

Lalu lama kelamaan, kulit ketiak saya bukan lagi merah tapi jadi menebal agak keras gitu dan perih bangeeeeeettttt. Sadar kayaknya ada sesuatu, saya mulai kurangi aktivitas menggaruk tapi nggak mengurangi dampak apapun karena masih gatel dan perih luar biasa. Saya mulai perhatikan kebersihan mulai dari mandi yang bener-bener bersih, dalaman, baju yang saya kenakan, sampai sprei. Tapi berlalu berminggu-minggu tetap nggak ada perubahan dan makin parah. Sudah dipakaikan segala jenis bedak gatal tapi tetap nggak mengurangi gatalnya juga. Saya nggak tau ada apa dengan saya, jika dideskripsikan bentuk area saya seperti kena eczema. Bisa di googling sendiri kulit yang kena eczema itu kayak apa.

Tips 1 : jangan pakai deodorant sembarangan

Saya mengganti sabun saya dengan sabun yang lebih lembut. Pergantian sabun ini pun juga sudah bermacam-macam tapi nggak berpengaruh sampai akhirnya saya ketemu dengan The Bath Box Goat’s Don’t Lie yang dikabarkan cocok untuk mereka yang eczema. Meskipun saya nggak tau saya itu eczema atau bukan tapi yaudah saya coba aja. Dengan pemakaian sabun ini gatal-gatalnya terasa seperti ditaklukan, tapi setelah mandi ya kok balik lagi.

Akhirnya saya merenung apakah pemicu yang sebenarnya. Well satu produk yang belum saya ganti adalah DEODORANT!!

Sebuah langkah yaaaaanggg berat, akhirnya saya coba berhenti pakai si deodorant ini. Dan benar saja, semakin kesini gatal semakin berkurang. Tapi muncul masalah baru lagi yaitu bau badan. AAARRRRGGGGGHH!!!! Sumpah ini kerjaan banget deh. Setelah searching-searching di google, saya nemu katanya pakai minyak kayu putih sebagai pengganti deodorant itu BISA.

Okeh … akhirnya saya pakai minyak kayu putih. Performanya lumayan, secara wanginya juga menyengat gitu kan, panas di ketiak gapapa lah bisa ditahan, keringetan gapapa lah asal nggak bau, dibilang kayak nenek-nenek juga gapapa lah tahan aja. NAMUN satu masalah muncul, yaitu nggak tahan lama, alias kudu di pakai ulang supaya nggak bau. cry cry cry 😭

Finally setelah pencarian yang panjang dan melelahkan, saya ketemu satu produk yang cocok pada saat ketiak sensitif sampai saat ini. Yaitu crystal deodorant.

300

Saya akhirnya sadar bahwa saya alergi deodorant yang bertahun-tahun dari saya gunakan mulai dari SMP. Karena setelah sembuh dan saya tetap pakai crystal deodorant ini dan kejadian alergi saya nggak terulang lagi. Ternyata tau nggak, produk ini nggak mengandung bahan kimia, paraben & fragrance free. Nggak ninggalin noda di pakaian, nggak bikin bau badan, nggak berasa lengket, nggak bikin keti hitam. Apalagi coba yang lebih oke?

 

Tips 2 : jangan mencukur ketiak

Ini lagi-lagi sesuai pengalaman saat alergi. Saya nggak mungkin mencukur dong disaat kulit ketiak lagi iritasi begitu. Akhirnya saya cabut pakai tweezer nurut sama sarannya mama.

425

Keterusan sampai sekarang dan nggak nyangka, hal ini juga berpengaruh bikin kulit ketiak nggak hitam dan tekstur kulit ayam itu hilang. Iya kulit ayam. Coba pegang deh kulit ayam yang dijual di pasar, kan berbintil-bintil gitu kan. Hahaha. Begitu maksud saya. Karena mencukur bikin akarnya teringgal dibawah lapisan kulit, selain bikin hitam, itu jadi penyebab kulit ketiak nggak mulus.

Kalau lagi malas cabut pakai tweezer, biasanya saya pakai wax lembaran. Nama produknya Royal Jelly Honey Wax. Lebih simpel tinggal tempel terus pas ditarik kecabut semua. Tapi nggak akan ngefek kalau bulu ketiaknya banyak dan panjang.

muku-the-royal-jelly-honey-wax-sku02915056-20151110154035

 

Tips 3 : scrub mingguan

Untuk mengangkat sel-sel kulit mati, ketiak juga perlu di scrub. Nggak usah terlalu sering sih, kalau saya cukup dua minggu sekali aja yang penting di scrub. Dan nggak pakai scrub khusus juga soalnya bikin sendiri dari bahan-bahan yang ada. Kalau saya bikin dari gula dan madu atau kadang gula dan lemon. Ukurannya bisa dikira-kira sendiri deh sesuai pemakaian.

Menurut saya penting untuk scrub ketiak karena mencegah penumpukan sel-sel kulit mati. Selain itu juga menghaluskan permukaan kulit ketiak.

 

Sekarang saya senang karena ketiak saya sudah jauuuuhhh lebih baik, lebih cerah dan lebih enak dilihat dari sebelum saya mengalami alergi. Kalau bukan karena alergi pun saya nggak mungkin bisa dapat hasil seperti saat ini dan nggak mungkin bisa menuliskan tips ini.

Dulu saya pernah berpikir bahwa ketiak yang cerah dan mulus mungkin hanya bisa didapatkan dengan perawatan berkala yang mahal. Ternyata nggak seperti itu adanya, kita sendiri pun ternyata bisa mewujudkannya. Walaupun memang yang namanya proses tentu nggak langsung mendapat hasil instan.

Tapi kalau saya saja bisa, maka kalian pun pasti bisa kan!

 

15 Comments

  1. Nah ini, waktu itu beli wax homemade kan, tapi ribet bener serius. Karena kudu ditim dulu, belom lagi pas mau dipake kudu ditest dulu masih anget apa ga. Soalnya pernah ngalamin, ga saya cek dulu masih panas apa ga, eh ternyata…nyonyot ketek saayaaaah.

    Btw beli royal jelly waxnya di sociola ada kan ya? Biar dapet yang ori…ga mau nyari di laen tempat, takut abal2

    1. admin

      ‘nyonyot’ hahahahaha.
      ada juga mba ipeh model wax yang gak perlu dipanasin tapi nggak ngangkat bulu keti 🙁
      di sociolla nggak ada setelah daku check 🙁

  2. Nice post! Thanks ya sis buat sharingnya.. emank si cyrstal deodorant itu bagus ya.. sering liat di olshop.. cm blm pernah coba.. think I will give it a try 😀

    1. admin

      iya betul bagus banget padahal cuma batu 😀

  3. waahh.. tq sharingnya mba.. ini emang problemo khasnya para emak2 nii.. hihi.. btw crystal deodorant itu mihil gak ya ??

    1. admin

      lumayan. tp habisnya luaamaaaaaa banget, kalau mau coba yang travel size dulu aja. sekitar 75-85k harganya 🙂

  4. kalo teman saya pake cara emak-emak jaman dulu alias pake tawas hahaha
    katanya selain mur-mer juga lebih enak dan eco friendly. penasaran gak mbak sama tawas?

    1. admin

      Loh… saya memang cari2 tawas mba sebelumnya, disini susah sekali didapatnya. Saya justru lebih prefer ke yang sealami mungkin..

  5. Ikutan ngakak baca komen ‘nyonyot’ dari Ipeh.

    Btw Mon, ketiakku itu model yang rambutnya lebat, padahal dulu enggak, hiks. Jaman SMA aku sering kerja bakti nyabutin bulu ketek sama temen2, jadi nggak pernah nyukur bulu ketek. Tapi setelah syibuk kerja apatah lagi kawin dan punya anak, nyari praktis tinggal cukur sret2 beres. Dan itu kayaknya yang bikin bulu ketekku makin lebat kali ya? Huwaaaa T_T

    Nah, tapi kalau kulitnya tetep tipis dan nggak hitam. Jadi aku butuh perontok ketek plis, di mana itu jadinya beli waxing?

  6. Mbaaa, saya cukur nih biasanya pantesan ga mulus ya soalnya sakit kalo dicabut. Enak klo pake wax ya jadi sakitnya sekalian. Belinya dimana tapi? Blm pernah kalo scrub, coba ah..

  7. hehehee..peer banget nih masalah ketiak, mungkin karena enggak keliatan jadi suka kurang aware, nice tips, bisa dicoba

  8. Manfaat sekali mba artikelnya, memang benar kita juga harus bisa menjaga ketiak kita agar tidak bau badan, ternyata kesehatan untuk ketiak juga penting, agar kita bisa PD …

    salam blogger
    follback

  9. tipsnya keren banget mba, pengen di jajal ah

  10. Waahh keti di scrub pake gula apa ngga iritasi ya Say?

    1. admin

      nggak kok, gula kan bahan alami..

Leave a Reply

Required fields are marked*