lendy
INSPIRATIONS

Tentang Ibu yang Tak Pernah Berhenti Belajar

Ibu juga manusia, tetap melakukan kesalahan dan tetap perlu bimbingan. Ibu yang sudah bisa dikatakan senior saja tetap masih perlu kok yang namanya saran dan masukan. Apalagi ibu baru atau calon ibu kan?

Mengasuh anak memang bukan hal yang sepele. Ibu manapun tentu dengan gampangnya akan bilang ‘ini anak saya, saya ibunya, hanya saya lah yang tau cara merawat anak saya’. Iya memang benar, tapi jika perkataan ini dilontarkan oleh ibu baru yang tidak mau dengar sama sekali masukan dari mertua atau orangtuanya bagaimana? Bukankah kata-kata tersebut maknanya hanya sebagai alibi karena sang ibu tersebut tidak mau menurunkan egonya untuk diajar oleh orang lain?

Saya kenal seorang blogger yang sepertinya nggak pernah kenyang akan ilmu parenting. Ia senantiasa memperkaya dirinya dan nggak mau berhenti belajar. Sama persis seperti tagline blognya, yaitu ‘never stop learning’. Hal ini ia ungkapkan juga dalam halaman about me nya :

Pecinta seminar. Terutama seminar parenting.
Pecinta buku. Terutama buku-buku parenting, fiksi dan buku cerita anak-anak.

Ia adalah Lendy Kurnia Reny atau yang dikenal dengan Lendy Agasshi, sang mom blogger asal Bandung. Yang sepertinya untuk urusan parenting, mba Lendy ini nggak mau main-main. Ia memperdalam ilmu parenting melalui Rumah Belajar Institut Ibu Profesional (IIP) Bandung.

Pengertian Ibu Profesional disini adalah seorang perempuan yang :

  • Bangga akan profesinya sebagai pendidik utama dan pertama bagi anak-anaknya.
  • Senantiasa memantaskan diri dengan berbagai ilmu, agar bisa bersungguh –sungguh mengelola keluarga dan mendidik anaknya dengan kualitas yang sangat baik.

Sedangkan Komunitas Ibu Profesional sendiri adalah forum belajar bagi para perempuan yang senantiasa ingin meningkatkan kualitas dirinya sebagai seorang ibu, istri dan sebagai individu.

Tahapan – Tahapan Untuk Menjadi Ibu Profesional

Disini saya tertarik untuk menjabarkan 4 tahapan untuk menjadi Ibu Profesional. Rumah Belajar IIP ini punya indikator tersendiri lho mengenai keberhasilan seorang ibu. Yaitu menjadi ibu kebanggaan keluarga. Karena anak-anak dan suami lah yang paling berhak pertama kali mendapatkan ibu dan istri yang terbaik di mata mereka.

Bunda Sayang

Mengenai pendidikan yang kita berikan dan terapkan kepada anak. Sehingga kita dapat mengetahui apakah anak-anak semakin senang dan bangga di didik oleh ibunya. Apakah suami sendiri semakin senang dan bangga melihat cara mendidik istrinya sehingga timbul keinginan yang tinggi untuk ikut terlibat dalam pendidikan anak. Serta sudah seberapa banyak ilmu tentang pendidikan anak yang sudah dipelajari dan dipraktekkan bersama anak-anak.

Baca juga : Membangun Peradaban dari Dalam Rumah

 

Bunda Cekatan

Hal ini berkaitan dengan manajemen sang ibu yang kita kenal jago multi tasking. Materi ini menyangkut tentang manajemen pengelolaan rumah tangga sang ibu, apakah semakin baik? Dan apakah sang ibu sudah dapat meningkatkan peran dalam rumah tangga? Juga mengukur berapa banyak ilmu tentang manajemen rumah tangga yang sudah dipelajari dan dipraktekkan dalam mengelola rumah tangga.

Baca juga : Belajar Bagaimana Caranya Belajar

 

Bunda Produktif

Nah untuk materi yang satu ini akan berkaitan erat dengan hobi yang dimiliki oleh ibu, mengenai sedalam apa ibu menemukan minat dan bakatnya. Mengulas bagaimana cara ibu memperbanyak waktu di ranah minat dan bakatnya. Caranya untuk tetap merasa happy, enjoy, easy dan excellent dalam menggeluti hobi tersebut. Serta yang terpenting adalah dapatkah seorang ibu menjadi produktif atau mandiri secara finansial tanpa harus meninggalkan anak dan keluarga.

Baca juga : Rizqi itu Pasti, Kemuliaan Harus Dicari

 

Bunda Shaleha

Topik ini membahas mengenai nilai-nilai yang ingin ibu perjuangkan dalam hidup ini, menyangkut warisan yang tak pernah ada habisnya yang ingin sang ibu tinggalkan di bumi ini kelak. Mengenai program yang ingin dijalankan secara terus menerus dan bahagiakah dengan program tersebut?

Baca juga : Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

 

Penyuka Drama Korea

Ya.. Ibu yang satu ini nggak juga hidupnya monoton dan seserius ilmu-ilmu parenting kok. Kalau kalian yang Drama Korean Lovers juga (kayak saya) pasti langsung ngeh kalau mba Lendy ini sesama penyuka drama korea atau setidaknya suka terhadap sesuatu yang berbau Korea.

Kok bisa tau?

Lah iya lah, tau dari nama Lendy Agasshi yang sampai-sampai dijadikan url blognya. Hihihi. Agasshi itu kan adalah panggilan nona dalam bahasa korea untuk orang yang dianggap lebih dihormati atau bisa juga dijadikan panggilan kepada gadis yang masih muda gitu deh tampangnya. Hal ini juga terbukti dengan adanya topik khusus yang membahas tentang drama korea pada blognya.

Wah, jangan-jangan mba Lendy suka begadang juga yaaaa nontonin drakor. hahaha

Baca juga : Kumpulan Review Drakor oleh Lendy Agasshi

 

Sudahlah, wahai para ibu, kalau di daerah ibu-ibu sekalian nggak ada komunitas IIP seperti mba Lendy. Ibu-ibu tau kan mesti kemana? Di blognya mba Lendy ini super duper lengkap sekali pembahasan seputar parentingnya, so raup ilmu sebanyak mungkin ya disana.

Blog : www.lendyagasshi.com / www.lendyagasshi.wordpress.com / www.catatan-kajianlendyagasshi.blogspot.co.id
Instagram : @lendy_mut

  • Waaa…
    Dibahas sama biuti bloher femeess….ElisaMonic.

    Haturnuhun ulasannya.

    Kalo soal begadang…?
    Hemheem…iya banget!
    Apalagi pas dapet cerita yang susah diputus.
    Pasti deeh…mengorbankan waktu tidur.

    Udahannya balas dendam.
    Tidur siang bareng duos.

    ^^

    • admin

      Ah mba lendyyyy…
      Aku soalnya paham banget itu begitu, udah ending tapi kok episode selanjutnya seruuuuu, yaudah tidur2 jam 3an lah itu 😀

  • ternyata agasshi itu dari bahasa korea yaa

    • admin

      Iya mba kania 😀