we talk about cancer
INSPIRATIONS

We Talk About Cancer : Fakta Tentang Kanker Payudara yang Baru Saya Ketahui

Di post ini saya akan membagikan fakta-fakta seputar kanker payudara yang baru banget saya ketahui, dan mungkin kalian juga sama. Jadi saya nggak akan bertele-tele dengan intro karena informasi yang akan saya bagikan ada banyak banget gaes, nah for your own good, make sure baca sampai habis ya…

1. Ternyata kanker payudara itu beragam jenisnya dan diklasifikasikan ke dalam 2 tipe. Yaitu; tipe yang dibedakan berdasarkan letak/posisi massa kanker di payudara dan tipe yang berdasarkan respon sel kanker terhadap tes histokimianya.

2. Aktif menyusui secara langsung bukan berarti aman dari serangan kanker payudara.

3. Beda golongan darah dengan keluarga kita yang pernah terkena kanker sebelumnya bukan jaminan kita akan bebas dari kanker keturunan. Misal nenek dengan gol darah B terkena kanker sebelumnya sedangkan kita gol darah AB.

Baca : #WeTalkAboutCancer : First Time I Found Cancer in My Breast

4. Kanker payudara merupakan kanker yang paling banyak terjadi di seluruh dunia.

5. Kanker payudara juga bisa terjadi kepada pria.

6. Bagaimana sel kanker dapat berkembang? Jaringan darah lah yang mensuplai ‘makanan’ sehingga sel kanker makin lama makin membesar.

Baca : 5 Facts About Breast Cancer You Have to Know

7. Pada stadium nol, tes mamografi dapat memperlihatkan adanya mikrokalsifikasi, yaitu suatu benjolan yang tidak dapat teraba baik oleh perempuan itu sendiri maupun dokter sekalipun, hingga benjolan tersebut berukuran 1 cm atau lebih.

8. Mamografi tidak dapat dilakukan pada saat wanita masih berumur muda karena jaringan payudara masih padat.

9. American Cancer Society (ACS) merekomendasikan wanita yang telah berumur 40 – 45 tahun harus sudah memulai untuk melakukan program mamografi.

10. Pada wanita yang berumur di bawah 40 tahun dan tidak mempunyai riwayat kanker payudara pada keluarganya, biasanya dokter akan merekomendasikan pemeriksaan USG untuk melihat kelainan yang terjadi.

Baca : Seperti Apa Tes Mamografi Dilakukan?

11. Jika diameter tumor/kanker masih kecil maka tidak perlu mastektomi, tapi cukup dengan membuang massa tumor/kankernya saja yang disebut Lumpektomi.

12. Ada klinik rekonstruksi payudara di beberapa RS di luar negeri setelah melakukan mastektomi.

13. Sel abnormal kanker membelah diri LIMA KALI LEBIH CEPAT dari sel normal.

Baca : Jangan Takut Melakukan Mastektomi

14. Salah satu tujuan kemoterapi bukan hanya membunuh sel kanker, namun untuk memastikan kanker tidak kembali berulang.

15. The Golden Hand : tangan yang tidak boleh dibebani secara berlebihan dan tidak boleh dipergunakan sebagai jalur transfusi obat-obatan, tergantung payudara sebelah mana yang di mastektomi.

16. Efek samping dari kemoterapi bergantung terhadap kondisi setiap pasien dan dari jenis obat kemoterapi yang digunakan.

Baca : Ketika Kemoterapi Harus Dihadapi

 

Tentang Yervi Hesna

We Talk About Cancer ini adalah rubrik yang ada pada blognya Mba Yervi Hesna di www.yervihesna.com, ya dia adalah seorang cancer survivor yang semua pengalamannya ia curahkan pada blognya tersebut. Dan semua fakta-fakta yang sudah saya tulis diatas, saya ambil dari blognya. Silakan mampir di link yang telah saya sematkan, untuk membaca informasi lebih lengkap.

Yervi Hesna adalah dosen teknik sipil di Universitas Andalas (Padang) yang sekaligus adalah konselor asi. Ia merupakan seorang perempuan yang sangat peduli terhadap pemberian asi kepada bayi. Beliau bersama komunitas Sumbar Peduli ASI mempelopori lahirnya Asosiasi Ibu menyusui Indonesia (AImI) cabang Sumatera Barat. Beberapa tulisannya di blog juga berisi banyak edukasi ASI yang sangat bermanfaat dan penting untuk dibaca oleh para moms.

Selain itu ia juga mengelola blog tourism di www.westsumatera-inside.com yang bergaya seperti Majalah Elektronik, berisi ragam tempat, kuliner serta daerah-daerah wisata lainnya untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke Sumatera Barat. Yang hebatnya lagi, tulisannya pernah dimuat di Majalah Colour Garuda Rute Timur Tengah, dan hal ini semakin membuatnya semangat untuk menulis tentang pariwisata di Sumatera Barat.

 

Yuk saling sapa dengan sosok hebat yang satu ini !

Blog: www.yervihesna.com / www.westsumatera-inside.com / dan IG : @yervihesna

 

 

 

Sumber lain :

http://www.ipehalena.com/2017/04/region-tourism-enthusiast-blogger.html
http://www.petualanganzara.com/2017/05/yervi-hesna-pejuang-asi-dari-sumatera.html