KREASI SCRAPBOOK
DIY, INSPIRATIONS, Uncategorized

Ragam Kreasi Scrapbook Ria Rochma

Hei gengs, mungkin banyak banget kalian yang nggak tau kalau selain suka make up dan skincare, saya juga suka bebikinan alias DIY. Iya, tangan saya itu gatal banget sebenernya. Inget sekali dulu saya paling nggak bisa liat kardus atau kaleng nganggur, langsung habis digunting-gunting buat diolah jadi sesuatu. Apalagi kardus yang tebal bekas tv atau kulkas, itu saya paling senang. Karena bisa dibuat jadi box, makeup organizer, bahkan 3D scrapbook frame.

I swear God saya pernah bahkan dulu hobi banget buat bebikinan gitu. Tiap temen/pacar ulang tahun, anniversary, atau perpisahan teman, saya akan dan pasti selalu buat scrapbook sebagai kenang-kenangan. Bagi saya sesuatu yang dibuat dengan tangan sendiri sebagai hadiah itu lebih memorable dan bermakna. Iya bermakna, baik bagi si penerima maupun saya sebagai pemberi.

Desain scrapbook nya sendiri, kebanyakan selalu condong ke gaya shabby chic, karena saya memang cinta style tersebut. Makanya instagram saya namanya itu elisachic hehehehe, just fyi. Nah tetapi karena kemudian saya dapat kerja, maka perlahan hobi scrapbook-ing saya lama kelamaan nggak tersentuh lagi. Karena udah terlalu capek dengan urusan kerjaan, pulang kerumah yang ada tinggal leyeh-leyeh aja. Soalnya scrapbook-ing itu bagi saya butuh waktu yang nggak lama prosesnya dan justru proses pembuatannya itu yang begitu saya cintai maka harus dikerjakan dengan sepenuh hati. Kan hasil nggak pernah mengkhianati proses, eaaaa..

giphy

Lalu saya dipertemukan dengan mom blogger yang super rajin, super kreatif dan super niat bebikinan. Kalau saya senang buat scrapbook, nah beliau ini nggak cuman scrapbook-ing aja tapi beliau juga rajin buat paper card. Bedanya apa? Sebetulnya nggak beda jauh, intinya tetap mengolah kertas jadi sesuatu yang unik dan sesuai dengan kreatifitas pribadi. Scrapbook itu nanti hasilnya disatukan membentuk buku kalau papercard/papercraft ya dibuat model kartu, begitulah garis besarnya, semoga kalian paham wkwkwk.

Oke lanjut ya …

Kita kenalan dulu yuk sama Mba Ria Rochma pemilik dari blog www.mamaarkananta.com yang hasil papercraft nya akan kita bahas hari ini. Kalau kalian mampir di blognya Mba Ria, maka kalian akan menemukan berjuta informasi. Mulai dari tips kehamilan, smartphone hacks, jalan-jalan/staycation sampai curhat curhat berfaedah. Lengkap banget dan bikin pengunjung nggak boring karena infonya beragam, nggak monoton cuma satu topik kayak blog saya.

Baca : memberi watermark pada foto dengan tulisan melengkung serta memberi logo

Saat saya mampir ke blognya, saya langsung meluncur ke kategori Papercraft. Dan seketika itu juga saya merasa Mba Ria ini punya kesamaan dengan saya, yaitu memberikan hasil karya nya kepada orang lain sebagai hadiah.

Sumber; http://www.mamaarkananta.com/2016/05/exploding-box-hadiah-untuk-mbak-orin.html
Sumber; http://www.mamaarkananta.com/2016/05/exploding-box-hadiah-untuk-mbak-orin.html

Gambar diatas adalah exploding box yang dibuat oleh Mba Ria, saya jadi ingat pernah memberikan exploding box seperti ini untuk mantan pacar (yang sekarang udah jadi suami hehe) sebagai hadiah hari jadi. Meskipun terlihat ribet tapi sebetulnya nggak sama sekali. Exploding box yang pernah saya buat berisi kata-kata cinta yang saya tempel disalah satu sisi dengan desain amplop dan selebihnya foto-foto jadul kita berdua saat pedekate dulu hihi.

Baca: birthday card for my parents

Punya bingkisan untuk seseorang yang spesial? Cantumkan ucapanmu di papercard yang kamu buat sendiri dong. Selain bahannya murah, mengirim ucapan dengan handmade papercard jadi makin terasa spesial untuk penerima. Desainnya nggak perlu ribet kok, menyesuaikan aja dengan kebutuhan. Contohnya seperti dibawah ini :

 

Copy of KREASI SCRAPBOOK

Berkirim kartu ucapan menurut saya kepake banget di segala acara, entah itu ucapan ulang tahun, pernikahan, kelahiran, sampai ucapan hari raya. Ada satu kreasi kartu ucapan hari raya yang dibuat oleh Mba Ria, yang saya suka banget desainnya. Yang ini nih..

Sumber; http://www.mamaarkananta.com/2015/08/card-making-ied-mubarak-card-for-dey.html
Sumber; http://www.mamaarkananta.com/2015/08/card-making-ied-mubarak-card-for-dey.html

Baca: Alat perang mpasi? Bisa kok beli yang nggak mahal

Mata jadi seger kan ngeliatnya? Ah beruntung sekali yang mendapatkan kartu tersebut. Oh ya papercraft dan scrapbook-ing itu nggak melulu sesuatu yang kita buat untuk diberikan orang lain. Khususnya scrapbook, pada dasarnya kita bisa buat scrapbook dari ide apapun.

A MOMENT WITH YOU

Menyontek dari idenya Mba Ria yang rutin mengabadikan momen perkembangan anaknya dalam bentuk scrapbook, saya juga jadi kepikiran mau melakukan hal yang sama untuk anak saya. Selama ini saya selalu taruh momen-momen tumbuh kembang Arga dalam akun instagram khusus @lisapangaribuan plus caption yang berisi cerita ‘kehebatannya’ saat itu.

Untung tingkah polahnya selalu saya abadikan di instagram, jadi nanti pembuatan scrapbook untuk Arga lebih gampang. Tinggal ambil foto dari IG dan print lalu contek captionnya. Ini seriusan loh, soon saya posting di Instagram kalau udah jadi. Daripada beli baby journal yang lagi ngehits tapi mahal mending saya buat sendiri, lebih berharga. Siapa setuju sama saya?

 

Liat juga tulisan Ria Rochma lainnya …

Blog: www.mamaarkananta.com | IG : ria_rochma