LOMBA

5 Rahasia di Okinawa yang Bikin Kamu Pengen Kesana

Musim panas selalu identik dengan kegiatan outdoor yang berhubungan dengan pantai. Kali ini saya akan membahas tentang travelling musim panas ke negeri sakura, Jepang. Tapi tentu saya nggak akan membahas soal Tokyo atau Kyoto atau Osaka yang sudah sangat terkenal itu ya. Saya akan membahas kota di Jepang yang sangat identik dengan pantai indahnya, yes that is Okinawa.  Selain menyimpan keindahan pantai nya yang luar biasa, Okinawa menyimpan sejumlah rahasia lain yang hanya dimiliki oleh kota ini saja. Semoga setelah baca artikel ini sampai selesai, kalian jadi lebih mengenal Okinawa ya.

The

 

SEPERTI DI INDONESIA

okinawa-prefekturPulau Okinawa merupakan bagian dari kepulauan Ryuku yang terletak di ujung barat daya kepulauan Jepang. Prefektur Okinawa memiliki hampir seratus buah pulau besar dan kecil yang membentang hampir dekat Taiwan, dan beriklim subtropis.

Musim dingin di Okinawa tidak bersalju, walaupun tahun ini cuacanya sedikit berubah jadi lebih dingin, sedangkan musim panasnya bisa amat sangat panas sekali. Pulau ini memang terkenal panas dan berbeda dengan daerah di Jepang lainnya. Kepulauan utamanya adalah Kepulauan Okinawa, Miyako dan Yaeyama.

***

PANTAI PASIR PUTIH DAN AIR LAUT SEJERNIH KRISTAL

Pulau ini memiliki banyak sekali pantai yang berpasir putih dan memiliki air laut yang bening sejernih kristal. Pulau-pulau yang lebih kecil di sekitar pulau utama memiliki beberapa air laut yang terbening dan batu-batu karang terbaik di dunia, surga bagi para penyelam dan wisatawan. Cocok untuk olahraga air ataupun diving. Dan nggak akan mungkin membahas Okinawa tanpa menyebutkan pesona pantai-pantainya. Jadi berikut beberapa pantai dari pulau – pulau yang cukup terkenal di Okinawa :

Hatenohama Beach – Kumejima Island

hatenohama-beach
sumber: http://okinawatravelinfo.com/beach/hatenohama/

Hatenohama merupakan pulau tak berpenghuni yang terletak 5 km dari pulau Kume. Hatenohama merupakan tempat dimana kita akan menemukan laut hijau emerald, pasir putih, dan suasana tropis yang menenangkan. Dengan perjalanan yang memakan waktu 20 menit dari pelabuhan, tapi kita nggak bisa pergi sendiri kesini karena harus dengan tour.

Tropical Beach –  Ginowan

tropical-beach-ginowan
Source: https://www.oki-islandguide.com/areaguide/ginowan-city-2

Tropical Beach terletak di daerah Ginowan, pantai ini dangkal, dan dilengkapi dengan jellyfish net untuk safety. Berpasir putih & memiliki air yang jernih biru. Sempurna untuk tempat wisata keluarga dengan anak-anak kecil, atau untuk hangout bersama teman-teman, karena disini ada jajaran kursi-meja dan juga penyewaan alat BBQ. Buka dari jam 9 pagi s/d 7 malam. Free!

 

Maehama Beach – Miyako Island

sumber: http://www.supercoolbeaches.com/japan/maehama-beach
sumber: http://www.supercoolbeaches.com/japan/maehama-beach

Pantai maehama sering dijadikan pantai paling favorite di Jepang, dan alasannya sudah jelas banget hanya dengan melihat gambarnya. Pasir putih terbaik membentang sepanjang 7km di sekitar pantai barat selatan Pulau Miyakojima. Di pantai ini suhu air hangat, berair tenang dan sejernih kristal dengan ombre hijau dan biru. Pantai ini juga dikenal dengan spot sunset terbaik.

Dan hal yang sangat mustahil untuk bisa menolak snorkeling di Okinawa. Pemandangan bawah lautnya yang begitu menggigit, nggak akan mungkin bisa ditolak. Dibandingkan dengan scuba diving, siapa saja dapat dengan mudah menikmati pesona keindahan bawah laut Okinawa dengan snorkeling. Lautan di Okinawa cukup jernih sehingga dapat dengan mudah melihat ikan berwarna warni di air dangkal. 2 spot dibawah ini rekomen untuk snorkeling di Okinawa :

Blue Cave

blue-cave
sumber: http://en.okinawastory.jp/enjoy/okinawanblue/snorkel/

Terletak di Cape Maeda, Onna Village di bagian utara Okinawa. Disini kita dapat menikmati pemandangan misterius dari gua biru yang sinar matahari nya merembes masuk melalui batu dan ter-refleksi ke dasar laut.

Yabiji

 

sumber: http://en.okinawastory.jp/enjoy/okinawanblue/snorkel/
sumber: http://en.okinawastory.jp/enjoy/okinawanblue/snorkel/

Salah satu area batu koral terbesar di Jepang adalah Yabiji, yang tersebar di bagian utara Pulau Miyako. Koral-koral ini berada dibawah permukaan air, tapi akan muncul diatas permukaan laut selama musim pasang.

***

PENDUDUK YANG BERUMUR PANJANG

Okinawa merupakan daerah di Jepang yang penduduknya berumur terpanjang di dunia. Usia rata-rata harapan hidup di Okinawa adalah golongan centenarian yang dapat bertahan hidup di usia 82 tahun. Banyak dari mereka yang tetap sehat di atas 100 tahun, penderita sakit jantung di Okinawa 80 persen lebih sedikit dibandingkan Amerika. Lebih penting lagi, orang-orang tua yang tinggal di kepulauan subtropis nan subur ini umumnya menikmati kehidupan bebas dari kelumpuhan.

okinawan

Ikigai, adalah kunci dibalik umur panjang mereka. Ikigai kira-kira diartikan sebagai “sesuatu yang membuat kehidupan seseorang berharga”. Orang Okinawa yang lanjut usia, mempunyai tujuan hidup yang kuat sehingga dapat menjadi penahan terhadap stres dan penyakit.

Selain itu, kebanyakan orang Okinawa yang dibesarkan sebelum Perang Dunia II tak pernah mengembangkan kebiasaan makan banyak. Mereka tetap menerapkan ajaran Khong Hu Cu yang menyatakan “hara hachi bu – makanlah sampai perut Anda 80 persen penuh”.

somen chanpuru

Mereka menanam sendiri sebagian besar makanan mereka. Herbal, rempah-rempah, buah-buahan, dan sayur-mayur, seperti bit Cina, bawang putih, bawang muda, kubis, kunyit, dan tomat. Mengandung ramuan yang mungkin mencegah berbagai kanker sebelum mereka muncul.

Gambar disamping ini adalah salah satu contoh menu makanan mereka, namanya Sōmen chanpurū. Bener-bener sederhana ya, dan sungguh bikin penasaran untuk menyaksikan kehidupan mereka secara langsung.

Ini salah satu alasan utama selain pantainya yang membuat saya tertarik dengan Okinawa. Saya pernah liat mengenai ini di BBC Earth yang membahas seputar Jepang dan meliput aktivitas para senior di Okinawa ini. Yang saya lihat sungguh bikin tercengang, karena mereka yang usianya sudah tua pun masih melakukan aktivitas berat sehari-hari dan mereka terlihat tidak ada tekanan sedikitpun.

***

RAGAM WISATA KULINER

Meskipun Okinawa adalah kepulauan yang dikelilingi oleh lautan, wisata kuliner disana sangat beragam dan bisa dibilang unik. Tapi jangan berharap untuk menemukan yakitori atau sushi di sebuah restoran khas Okinawa.

Jepang memberikan kontribusi dashi,  yang terbuat dari rumput laut dan ikan bonito flakes, yang berfungsi sebagai bahan dasar untuk sebagian besar sup Okinawa. Kontak dengan Asia Tenggara membawa buah-buahan, sayuran, dan rempah-rempah yang umumnya terkait dengan pulau asal rempah tersebut.

Makanan Okinawa mungkin sulit untuk didefinisikan, tapi mempunyai rasa yang berani, rasa yang menarik dan mudah untuk mencintainya, terutama saat dipasangkan dengan segelas bir Orion atau Awamori. Okinawa memang mempunyai minuman keras lokal yang mendunia. Berikut 3 makanan Okinawa yang bikin saya ngiler parah:

1. Umi Budo

umi-budo

Umi Budo artinya anggur laut, jadi ini sejenis rumput laut yang halus dengan bentuk menyerupai kumpulan buah anggur. Setiap sedikit ‘anggur’ mengandung cairan asin yang meledak di mulut ketika digigit. Biasanya dimakan segar atau dengan sedikit saus kedelai.

2. Yagi Sashimi

yagi-sashimi

Yagi sashimi adalah sashimi yang terbuat dari daging kambing mentah, salah satu hidangan yang lebih menantang dari Okinawa. Irisan daging kambing mentah disajikan dan dimakan dengan cara yang sama seperti sashimi pada umumnya. Dagingnya memiliki rasa kambing agak kuat dan agak kenyal.

3. Taco Rice

taco-rice

Ini nih menu makanan yang menurut saya anti mainstream karena model makanan yang kayak gini biasanya banyak ditemui di negara Amerika Serikat. Tapi ternyata ini memang menu makanan dari Okinawa yang merupakan peninggalan dari militer AS. Nasi Taco Okinawa merupakan semangkuk nasi dengan topping sapi yang telah dibumbui, keju, dan salsa. Nasi Taco mungkin salah satu kontribusi terbesar militer AS untuk masakan di Okinawa, variasinya di restoran tak terhitung jumlahnya, dan tidak hanya di Okinawa tetapi di seluruh Jepang.

Sudah saya singgung sedikit diatas mengenai minuman keras Okinawa yang terkenal. Rasanya kurang lengkap kalau nggak membahasnya juga.

Awamori

awamori

Okinawa berutang penemuan minuman lokal mereka ke Thailand, yang mengajarkan mereka rahasia distilasi di abad ke-15. Awamori berbeda dari shochu terutama karena menggunakan beras butiran panjang, yang memberikan aroma dan rasanya yang istimewa.

Seperti halnya shochu, sensasi meminum Awawori itu rasanya seperti ditampar gelombang ombak karena kadar alkoholnya yang berkisar 30% sampai 45%. Dan biasanya cara Okinawan mengkonsumsi Awamori dengan duduk di bebatuan karang, hingga terkena percikan ombak.

***

WISATA BUDAYA

Tentunya tidak lengkap jika kita berpergian ke suatu negara tanpa mengenal lebih jauh tentang budaya negara tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengunjungi tempat-tempat warisan budaya nya. Di Okinawa, ada banyak yang bisa kalian pilih.

Dari pertengahan abad ke – 15 selama kurang lebih 450 tahun , ada sebuah kerajaan yang berpusat pada kastil Shurijo di Okinawa. Tempat ini sudah terdaftar pada UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 2000 , dan dikembangkan secara independen sebagai sebuah pulau nation influenced oleh negara-negara Asia dan Jepang . Kerajaan juga mengembangkan budaya dan keyakinan sendiri . Dengan melihat reruntuhan kastil dan gaya arsitektur, kita dapat mempelajari tentang latar belakang sejarah dari Kerajaan Ryuku.

01
http://en.okinawastory.jp/thingstodo/heritage/

 

Oh iya, perjalanan nggak lengkap kalau nggak mengunjungi tempat perbelanjaan. Di Okinawa ada banyak tempat pilihan untuk belanja dengan pengalaman yang berbeda. Berbelanja oleh-oleh khas Okinawa di kokusaidori street, window shopping di mall sebesar lapangan golf yaitu Aeon mall okinawa rycom, atau beli produk branded dengan harga miring di Outlet mall Ashibina, sampai shopping dengan nuansa barat di American Village.

 


SIAP BERANGKAT ?


Ada begitu banyak tempat bagus di Jepang tapi bingung bagaimana akomodasi dan transportasi selama disana karena nggak pernah ke Jepang sebelumnya? Terus nggak bisa bahas jepang juga? Jangan panik dulu! Karena sekarang di Indonesia ada H.I.S yaitu travel agent asal Jepang yang khusus menangani dan mengurus perjalanan ke Jepang. H.I.S menyediakan layanan individual maupun group tour dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisata setiap peserta. Jadi nggak perlu khawatir liburannya akan rusak karena takut tersesat selama di Jepang.

Mau nyoba main-main ke kota-kota anti mainstream di Jepang lainnya juga bisa banget. Karena HIS ini memiliki banyak program tour ke kota-kota di Jepang yang masih belum banyak diketahui oleh wisatawan. Seperti; Okinawa, Fukuoka, Hiroshima, Hokkaido, Fuji-san, Nikko, Nagoya dan Toyama.

his 1

Kenapa memilih H.I.S ?

1/ Kenyamanan Servis

H.I.S bertanggung jawab untuk mendukung kebutuhan perjalanan setiap peserta mulai pada saat reservasi hingga kembali ke rumah.

2/ Global Network

H.I.S. memiliki keuntungan dengan jaringan global yang mendukung perjalanan pesertanya. Dengan sistem terbaik melayani mulai dari reservasi hingga peserta kembali.

3/ Harga Terbaik

Cabang H.I.S. di luar negeri menawarkan harga terbaik untuk hotel dimanapun dan kapanpun di butuhkan oleh peserta.

4/ Unggul dalam Individual Tour

H.I.S menyediakan berbagai macam tour dan menangani tour sesuai dengan keinginan peserta. H.I.S dapat menyusun perjalanan peserta mulai dari tiket pesawat, hotel, optional tour, kereta api, penyewaan mobil dan semua yang peserta butuhkan! H.I.S juga membantu mengurus visa.

5/ Unggul untuk Perjalanan ke Jepang

H.I.S. memiliki 273 cabang di Jepang, peserta dapat reservasi perjalanan ke Jepang di kantor cabang lain di luar negeri. Mulai dari cara penggunaan JR PASS hingga penerbangan domestik.

his 2

Fanpage: https://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

hanavi-may-2016

Untuk perjalanan domestik selama di Jepang, kalian bisa percayakan pada HAnaviHAnavi adalah kolaborasi antara H.I.S. dengan ANA (All Nippon Airways) yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. HAnavi menyediakan paket tiket penerbangan domestik dan hotel dengan harga yang MURAH MERIAH. Peserta dapat memilih keberangkatan ingin dari Tokyo atau dari Osaka.

hanavipoint_web

Well, pergi Jepang sekarang bukan perkara yang mustahil lagi. Mewujudkan impian ke negeri sakura bukan hal yang terlalu jauh untuk digapai. Everyone can visit Japan now!


Referensi:
http://majalahpagi.com/travel-blog/world/asia-oceania/133-itinerary-perjalanan-ke-okinawa-ini-sangat-cocok-untuk-referensi-kamu-sebelum-traveling-ke-japan.html
http://tourist-note.com/id/sightseeing/20151020162721/
https://www.jalan2kejepang.com/destinasi/okinawa
http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/06/ikigai-kunci-umur-panjang-warga-okinawa
http://www.jepang-ku.com/kuliner-khas-okinawa-sajian-yang-belum-pernah-anda-temui-sebelumnya/
http://www.japan-guide.com/e/e7175.html
http://www.japan-guide.com/e/e7300.html
http://en.okinawastory.jp/thingstodo/diving/snorkel/


Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition

25 Comments

  1. Kalau di Indonesia, mungkin kayak di Jogja ini. Hehe

    1. admin

      eh iya ya, semuanya ada 😀

  2. Keren ya, para Opa dan Oma di Okinawa ini. Saya juga pengen panjang umur dan sehat. Godaannya emang di pola makan. Ga berani nyicipin Sashimi, hehe. Ga kuat saya makan daging mentah. Kalau Salmon masih bisa. Salad juga suka, sih cuma ga nahan kalau harus ngunyah bawang bombay mentah. Tergoda sama anggur yang bisa meledak di mulut itu daaan taco ricenya :). Semoga kesamapai-an bisa maen ke Jepang. Ini destinasi impian saya buat travel.

    1. admin

      Kalo cari di youtube yah pasti nemu deh kegiatannya orang2 tua di okinawa, mereka masih sanggup maen bola, astagaaaa banget kan. rahasianya ya dari makanannya yg simpel, gak kayak kita disini diburu makanan2 enak tp isinya kolesterol semua. huhuhu *pindahin aja adek ke okinawa bang*

  3. Ini negara top wish list traveling dari jaman masih kinyis sampai hari ini. Kita adalah apa yang kita makan, pantas ya orang Okinawa harapan hidupnya paling tinggi.

    1. admin

      BETULLL SEKALIII. Bahkan sayuran aja mereka tanam sendiri, jadi masak dari hasil kebun. asik ya mba..

  4. pengen deh ke jepang,smoga taun dpan bs terwujud kesana… nice post btw.. n salam kenal juga ya… ^^

    glorychen.blogsot.com

  5. Luar biasa emang ya org2 Jepang, sampai berumur panjng gtu 😀
    Okinawa ternyata banyak wisata pantainya ya 😀

    1. admin

      Banyak banget dan indah2 banget mba 😀

  6. Rahasia umur panjang di Okinawa. Makan sampai perut terisi 80 persen. Wah keren. Jadi pengen nerapin juga.

    Btw semoga menang ya Mba. Aamiin.

    1. admin

      Amin mba, makasih 🙂

  7. Now I believe Okinawa is truly heaven! My friend comes from this city, and she couldn’t convince me how beautiful her hometown is.. lol, but now I believe it :p Thank you for sharing this!

    http://www.womanofcourage.co.uk

    1. admin

      wahahaa,, i am too much excited maybe 😀

  8. pantainya seger2 banget ya…
    keren ya budayanya masih dilestarikan, noted makanannya semua alami dan gak makan sampe kekenyangan jadi bikin panjang umur hihihi…

    1. admin

      betul mba, hihihi 😀

  9. Lengkap dan menarik infonya.
    Kapan ya aku bisa cuusss ke Jepang? 🙂

    1. admin

      gaada yg gak mungkin kok hehe 😀

  10. Wah bagus sekali tempatnya jadi pengen kesana tapi belum ada ongkosnya.

    1. admin

      mesti makin rajin berdoa dan berusaha ya kang. hehe

  11. Setelah baca ini jadi pengen okinawa..
    MUdah2n ada rejekinya suatu saat bisa kesana

    1. admin

      aminnn 😀

  12. beneran bikin saya pgn ke sana huhuhu…

    1. admin

      saya pun mau mba 🙁

  13. Pernah baca juga kalo penduduk Okinawa berusia terpanjang di dunia. Semua makanan dan pemandangan dan budayanya menarik banget. 🙂 <3
    Selalu pengen ke Okinawa, tapi lumayan harga tiketnya. *maslah yang travel limited budget dan mengharap promo* 😀

    1. admin

      betul banget mba yuna, kayak sisi berbedanya jepang ya..

Leave a Reply

Required fields are marked*