OBJEK WISATA MADURA
INSPIRATIONS, Uncategorized

Mengenal Berbagai Wisata di Madura

Hayo sebanyak apa pengetahuan kalian mengenai Madura? Jangan bilang cuma tau sate aja ya hihi. Madura memang bukan Bali, bukan Lombok, bukan pula Raja Ampat. Tapi bukan berarti Madura nggak punya ‘sesuatu’ yang bisa juga dinikmati. Berbagai obyek wisata dan potensi sumberdaya alam banyak tersebar di berbagai sudut pulau Madura. Kita kenalan lebih lanjut yuk dengan kota ber-plat M ini 😀

Ngomong-ngomong siapa saya kok bahas-bahas soal Madura sedangkan kesana pun belum pernah. Yuk kenalan dengan Mba Diane Suryaman, yang sering dipanggil Mba Ayank di grup whatsapp. Blogger asal Madura pemilik blog www.dianesuryaman.com. Mba Ayank ini sudah pernah menerbitkan buku lho berjudul Budidaya Mangga di Lahan Sempit. Nggak heran sih, soalnya beliau ini lulusan Fakultas Pertaniannya Universitas Brawijaya aka Unbraw, dengan program studi hortikultura.

Meskipun kuliah di Malang, tapi Mba Ayank asli Madura 100% karena beliau lahir dan besar di Sumenep. Meskipun sudah pernah menerbitkan buku dan lulusan fakultas pertaniannya Unbraw, Mba Ayank mengakui kalau pekerjaannya dulu nggak berhubungan sama sekali dengan jurusan yang ia ambil.

Sebelum lulus saya kerja di radio MAS FM Malang sebagai tim newsroom. Sekitar 2 tahun di MAS FM, saya hijrah ke Pamekasan. Saya bekerja di Radio Karimata Pamekasan-Madura sampai akhir tahun 2005. Setelah itu saya pindah ke Jakarta dan bekerja di Internews Indonesia sampai 2007 sebagai Junior Editor.

Nah setelah 2007 saya lebih banyak ngurus anak deh.. 🙂 Sempat bekerja di perusahaan konsultan di Jakarta Selatan, sebagai salah satu tim ahli tidak tetap bidang hortikultura. Terakhir di Jakarta saya bekerja di ENP Law Consultant. Hehehe..pekerjaan saya banyakan gak nyambungnya  ya sama kuliahnya.. 🙂

Ya nggak apa-apa lah ya, namanya jalan hidup mana ada yang tau ya nggak sih?

Main-main ke blognya Mba Ayank, saya tertarik dengan postingannya yang berjudul Famstrip Blogger Menduniakan Madura, dimana isinya adalah jalan-jalan keliling Madura, yang tempat-tempatnya saya rangkum di bawah ini:

 

Suramadu_Bridge_5

Jembatan Suramadu : Ini adalah jembatan yang mengubungkan pulau jawa dengan madura yang melintasi selat madura. Kalian pasti udah nggak asing lagi kan? Dengan adanya jembatan ini, menyebrangi selat madura nggak sampai 10 menit. Dan fyi jembatan suramadu merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini, dengan panjang 5.348 meter.

Baca juga: Suramadu Dulu, Kini dan Nanti

 

 

Pantai-Nepa-Sampang

Pantai Nepa : Pantai ini berada di desa Batioh, kecamatan Ketapang, kabupaten Sampang. Jika dilihat dari gambar diatas, pantai ini memiliki berwarna putih yang luas dan panjang. Serta memili air laut yang jernih dan biru. Menurut info, terdapat banyak monyet dipantai ini karena memang pantai ini masih satu kawasan dengan Objek Wisata Hutan Kera Nepa.

Baca juga: Sate Madura, Terkenal di Nusantara Hingga Mancanegara 

 

 

Air Terjun Toroan : Air terjun Toroan bukan dari sumber air pegunungan seperti air terjun pada umumnya, melainkan hilir dari sungai besar yang sumbernya juga berada di wilayah Ketapang. Debit airnya bisa besar bisa kecil sesuai musim. Dan yang unik, air terjun langsung tumpah ke bibir pantai.

Baca Juga: Air Terjun Toroan, Air Terjun Terbesar di Madura

 

 

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=2zrMaImIlKo
Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=2zrMaImIlKo

Pulau Giliyang : Ini yang bikin saya mupeng luar biasa pengin ke Madura! Karena oksigen di pulau ini adalah yang terbaik ke dua di dunia setelah laut mati di Yordania. Menurut hasil penelitian LAPAN 2006, kadar oksigen di pulau giliyang berkisar 3,3% sampai 4,8% diatas kadar normal. Penelitian serupa juga dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumenep pada 27 Desember 2011, memperoleh hasil sama, yakni kandungan oksigen di Pulau Giliyang di atas rata-rata wilayah lainnya, yakni sekitar 21 persen.

Baca juga: Ide dan Aksi untuk Wisata Madura

Ada beragam objek wisata yang bisa kita kunjungi di pulau giliyang ini gengs. Ada Goa Mahakarya dimana kita bisa mengeksplor keindahan ornamen-ornamen gua yang masih hidup. Lalu Tocangge yang merupakan bentukan alam di pinggir pantai menyerupai tiang menyangga batu. Di pulau giliyang, kita juga bisa lihat fossil ikan paus yang sengaja ditata sedemikian rupa loh gengs. Last but not least, ada Pantai Ropet, pantai ini sempit dan berkarang namun tetap unik dengan ciri khasnya sendiri dan indah untuk dinikmati.

Pantai Ropet, sumber: http://www.aprijanti.com/2016/12/pulau-gili-iyang-madura.html
Pantai Ropet, sumber: http://www.aprijanti.com/2016/12/pulau-gili-iyang-madura.html

 

Ah saya baru tau ternyata Madura ini menyimpan begitu banyak hidden gems disana ya. Setelah membaca dari blognya Mba Ayank saya jadi gemes pengin kesana nih, khususnya pulau giliyang. Saya pikir tempat yang ada nama ‘gili’ nya hanya ada di Lombok. Tapi ternyata ada juga gili di Madura yang nggak kalah keren sama yang di Lombok. Ayok rencanakan liburan kalian selanjutnya di Madura.

Jangan lupa hubungi Mba Ayank juga ya kalau mau kesana :

Blog: www.dianesuryaman.com | IG: @dianesayank | Twitter: @luvnareskinar