#Memesonaitu
LOMBA, PERSONAL

#MemesonaItu Hidup Sederhana

Saya tau ada lomba blog #MemesonaItu dan sampai last minute pun saya nggak bisa memikirkan apa definisi dari #MemesonaItu. Setelah saya gali lagi lebih dalam ternyata saya salah menentukan kerangka berpikir. Semua itu diawali dari pertanyaan kepada diri saya sendiri yaitu “Bagaimana kriteria wanita yang memesona menurut saya ?” kemudian diikuti dengan pertanyaan berikutnya yaitu “Bagaimana caranya supaya dia (role model saya) bisa memesona ?”.

Kedua pertanyaan itu gagal mengembangkan pemikiran saya karena saya telah salah membentuk pola. Saya sadar bahwa makna dari kedua pertanyaan itu berarti: saya mencari wanita atau sosok yang bagi saya memesona dan saya menjabarkan definisi mempesona berdasarkan mereka. Ternyata saya paham bahwa hidup mereka sama sekali nggak mencerminkan definisi memesona sesuai dengan yang saya maksud.

Dan ketika pola saya rubah menjadi “Apa definisi memesona menurut saya?”, maka saya paham sekali apa yang saya mau tuangkan pada tulisan kali ini.

Bagi saya, #MemesonaItu adalah Hidup Sederhana.

9cd1659bdd507c0e1a29f7503d166008

Saya muak dengan kebiasaan memperkaya diri sendiri yang kebanyakan dianut oleh masyarakat modern zaman kini. Bukan berarti seseorang tidak boleh kaya raya, tentu boleh, namun sikap hati beberapa orang tersebut yang saya tentang. Orang-orang yang hobinya mengkoleksi benda mahal, mobil, emas, untuk dipamerkan kepada orang lain.

Karena biasanya setelah kebiasaan pamer tersebut akan muncul pada penggolongan kelas-kelas sosial yang dilakukan oleh mereka sendiri. Mereka menganggap bahwa mereka hanya nyambung dan klop jika berteman dengan yang setara dengan mereka. Lalu kemudian menyingkirkan orang lain yang terlihat tidak seperti mereka. Saya benci perlakuan semacam ini yang nggak perlu ditutup-tutupi lagi sedang terjadi dan bahkan dari dulu sudah ada.

63f4c44541e859c73e106749954296c6

Saya bosan ada di lingkungan seperti itu, saya ingin hidup sederhana, biarlah saya dan keluarga saya yang tau berapa banyak harta yang kami miliki. Tanpa perlu repot-repot dan susah susah menunjukkan kepada dunia. Atau, biarlah saya mengenakan baju yang saya anggap pantas dan nyaman untuk hangout ke mall. Tanpa perlu ribet memikirkan masalah keserasian busana dan aksesoris yang saya gunakan untuk keluar rumah.

Ada kata bijaksana yang sangat saya suka dan selalu saya ingat :

Langit tidak perlu menjelaskan kepada bumi bahwa dirinya tinggi.

Role model yang saya sukai adalah Priscilla Chan yaitu istri salah satu orang kaya raya di dunia, Mark Zuckerberg. Dia itu istri pengusaha kaya raya lho, tapi dia tetep sederhana, terlihat dari setiap momen yang terambil oleh kamera. Nggak makeup-an, nggak punya tubuh yang bodygoals, sendal jepitan tiap keluar rumah, pakai baju santai banget. Tapi cobalah cari tau hartanya, fantastis! Kalau Priscilla mau tentu Priscilla bisa dong berdandan dan berbusana ala sosialita paling tersohor sekalipun. Tapi Priscilla memilih nggak, dia memilih untuk tampil apa adanya.

Sedangkan, mari kita bandingkan dengan Fransisca Paisal alias sispai yang namanya sekarang lagi melambung karena kasus penipuannya. Hidup pas-pas an pengen jadi sosialita, biaya untuk gaya hidupnya terlampau tinggi dan harus dipenuhi. Jadinya utang sana sini demi memenuhi gengsinya dan demi dibilang eksis posting foto jalan-jalan di Instagram!

89dbcb6c558a5f31d88516193f3f142e

 

Sederhana/Simplicity = Love & Hapiness

Saya mau menjalani hidup yang lebih bahagia dan bersyukur dengan hidup yang sederhana. Dimulai dari decluttering dan fokus hanya pada hal-hal yang terbaik dalam hidup saya bukan semua hal. Menciptakan kehidupan yang lebih banyak menabung daripada berhutang, lebih sehat dan less stress, lebih banyak ruang dan sedikit barang, lebih sering mendonasikan daripada menumpuk harta benda, serta lebih banyak kegembiraan dan sedikit beban.

Karena pada akhirnya, #MemesonaItu adalah menjalani hidup bahagia tanpa perlu bergantung dan berutang budi kepada orang lain, #MemesonaItu adalah Hidup Sederhana.

Punya tanggapan lain tentang Apa #MemesonaItu ? Jangan ketinggalan juga untuk ikutan lomba Apa Arti #MemesonaItu Menurut Kamu.


#MemesonaItu

  • hidup sederhana itu sulit diterapkan orang2 pengikut arus, karena sekarang ini segala hal kudu dipamerin via sosmed

    klo beneran kaya sih gpp deh, nah klo pura2 kaya, kesian

  • Dan pricilia itu cerdas! Saya yakin banyak orang yang senang berteman dengannya. Karena temenan sama tong kosong nyaring bunyinya itu melelahkan. Jadi emang enakan temenan sama yang sederhana dan apa adanya. Kaya kamu Mon, senang berkenalan denganmu.

  • syahdu tulisanmu Monic, bertuturnya enak dan ngalir
    jadi mikir definisi memesona versiku -_-
    Semoga menang ya dear, aamiin

  • Aku paling menghindari sekali memiliki hutang budi sama orang mbak, nggak tau kenapa kalau punya utang budi itu nggak tenang. Sebisa mungkin aku balas sih, 🙂

  • Hidup sederhana menyenangkan.

  • terkadang memaknai kesederhaan itu dan mensyukuri nikmat yg ada itu yang sulit ….