korean-skincare-layering
BEAUTY, LOMBA

Korean Skincare Layering

Bagaimana untuk tampil sempurna ala saya ?

Saya pribadi tidak suka dengan make up yang berlebihan. Saya lebih suka tampilan yang natural tapi ‘hidup’. Mmmm gimana ya menjelaskan definisi ‘hidup’ ini. Intinya makeup saya tidak tampak berlebihan tapi juga menonjol. Saya akan tetap pakai foundation, eyeliner, pensil alis, eyeshadow, lipstick, dan blush tapi hasilnya natural dan segar. Nah iya.. segar mungkin kata yang paling pas 😀 Sampai saat ini saya masih menyukai teknik strobing. Karena teknik itu hasilnya oke banget di saya. Selalu saya gunakan hampir disetiap kesempatan, sesuai dengan yang saya inginkan. Natural, glowy and fresh.

Baca: The Ultimate Guide To Strobing

Tapi sejujurnya yang saya inginkan selama ini tetaplah ‘kanvas yang sempurna’. Kulit yang sehat dan terawat pasti akan tetap terlihat sempurna walaupun tanpa make up. Saya pernah baca di suatu tempat, bahwa semakin kulit kita terawat dan sehat maka semakin sedikit juga kita akan mengeluarkan uang untuk membeli make up. Kalau dipikir iya juga, kita nggak mungkin perlu concealer kan kalau nggak ada sesuatu yang harus ditutupi di muka kita.

Acuan saya tetap kepada wanita korea, entah artis atau bukan, mereka sangat peduli pada kulit mereka. Memang makanan dan cuaca juga menjadi kontribusi. Tapi produk-produk yang mereka gunakan pun nggak main-main. Mereka begitu concern terhadap perawatan kulit wajah mereka. Silahkan di gugel deh gimana sehatnya kulit wanita korea. Nah mengenai perawatan kulit wajah mereka, ternyata sudah bukan rahasia lagi kalau mereka menggunakan banyak produk untuk sebagai perawatan harian mereka. Berikut tahap-tahap nya, yang biasa disebut skincare layering:

FEB 25, 2019

CLEANSE

Dari mulai deep cleanse untuk menghapus make up sampai mencuci muka reguler. Bertujuan untuk mengangkat kotoran yang mengandung bakteri, mengurangi resiko penyebab jerawatan, dan juga mengangkat kotoran yang tersumbat di pori-pori. Dengan wajah yang bersih maka penyerapan produk yang akan dipakai pun jadi lebih maksimal. Disini biasanya digunakan 2 jenis cleansing yaitu oil based dan water based.

Oil based cleanser itu umumnya memang berteksur oil, tapi ada juga yang cream dan balm. Ampuh untuk menghapus make up, sunscreen, sisa minyak dan kotoran. Produk ini hanya digunakan saat malam hari. Kemudian ada yang namanya Water based cleanser. Cleanser ini dengan lembut menghilangkan sisa kotoran, penggunaannya pagi dan malam, dan juga setelah menggunakan oil based cleanser.

 

EXFOLIATE

Mengangkat sel-sel kulit mati untuk hasil wajah yang lebih cerah dan lembut. Membantu proses regenerasi kulit dan penyerapan produk lebih maksimal. Exfoliator tidak digunakan setiap hari, biasanya seminggu 2 kali, dan digunakan pada malam hari.

 

PREPARATION

Saat kulit wajah kita sudah bersih, tahap preparation ini tujuannya untuk menormalkan pH serta menghidrasi kulit wajah dan mengembalikan kelembapan kulit yang berkurang saat tahap cleanse tadi. Suka ngerasa nggak sih kulit kita rasanya kering setelah cuci muka, nah disitulah langsung masuk ke tahap preparation. Di tahap preparation ini, produk yang digunakan bisa berupa toner, atau face mist dan digunakan setelah mencuci muka.

FEB 25, 2019 (1)

TREAT

Tahap ini adalah penggunaan produk untuk memberikan nutrisi yang bermanfaat bagi kulit. Produk yang digunakan berupa serum atau essence atau ampoule. Bertujuan untuk mengurangi garis halus, mata panda, mencerahkan hyperpigmentation, menghilangkan dehidrasi, mengencangkan kulit, dan banyak lagi.

 

MOISTURIZE

Lingkungan dan mencuci muka dapat menghilangkan kelembapan kulit. Maka dari itu menjaga kelembapan kulit dari luar perlu agar dapat mengoptimalkan kerja serum dan mengunci khasiat baik dari serum yang sudah dipakai sebelumnya. Emulsion, lotion dan moisturizer adalah nama-nama produk pelembap yang dijual di pasaran.

 

PROTECT

Setelah semua selesai dilakukan, saatnya memproteksi kulit wajah dengan menggunakan sunscreen. Sinar ultraviolet juga tetap tembus sekalipun saat berawan. Sunscreen melindungi kulit wajah kita dari efek buruk sinar ultraviolet seperti bintik hitam, keriput, tampak tua lebih cepat, dll. Carilah produk dengan kandungan SPF yang tinggi, semakin tinggi maka semakin lama sunscreen tersebut melindungi kulit wajah kita. Beberapa moisturizer sekarang juga menggunakan SPF dalam kandungan mereka.

 

Too much ?

Begitulah… dan yang saya share disini memang benar adanya, tidak mengada-ada. Itu adalah produk basic yang digunakan, bahkan mungkin bisa lebih banyak. Belum lagi maskernya, sleeping pack nya, dan spot treatment nya. Untuk pemula yang ingin mencoba saya sarankan memulai dengan layer yang tipis dulu. Kalau dibilang muka nya jadi terasa berat. hehe.. nggak kok. Saya sometimes melakukan ritual ini, ditambah menggunakan sleeping pack saat malam hari. Kalau kulit saya bisa ngomong, saya rasa dia bakal bilang terimakasih setiap saya melakukan full rutin seperti ini. Tapi saya juga manusia malas biasa, jadi sering juga skip bagian deep cleanse dan treat nya 😀

So far step yang nggak pernah saya skip adalah cleanse, preparation, moisturize dan protect. Kalau kalian?

 

329

Instagram: @elisachic
Fb Page: elisa monic
Twitter: @elisamonic
YT Channel: elisamonic
Email: hai.elisamonic@gmail.com

17 Comments

  1. Kalo aku….hehe..ntar cari cermin dulu ya Monic..😁

    1. admin

      loh kenapa mbaaaa? hehe 😀

  2. Wah, aku mau semuanya apalagi buat pemula kayak aku. Thanks ya mbak Monic buat sharingnya 🙂

    1. admin

      my pleasure mba titis ^^

  3. Coba saya catat dulu…
    Pingin cantik kaya Monic.

    ^^

    1. admin

      jangan cantik kayak saya mba, cantik kayak mba lendy gituuuu.

  4. Dulu waktu kulit ga rewel mesti layering skincare. Sekarang kulitku gampang ngamuk klo ditimpuk skincare kebanyakan. Kulitku ga mau diajak poligami XD

    1. admin

      wahahahah, setia banget ya dis..

  5. Kalau saya…..
    Ah gak lah, masa cowok ikutan macam itu, merepotkan, hahaha…

    1. admin

      astaga haha nggak disarankan untuk cowo sih, saya agak geli juga kan bayanginnya 😀

  6. Hai sissss😃💕

    Emg bener sih sis Korean skincare itu banyak tp Sesuai bgt sm hasilnya. Aku Uda buktikan sendiri meski agak sedikit rempong tp hasilnua mumuaskan. Skincare itu worth it, br setelah itu make up untuk tampil kelihatan lebih fresh.

    Thankyou for Sharing.

    1. admin

      betul banget, justru mestinya kita invest di skincare, jgn cuma mekap doang.

  7. kalo mama aku ngeliat night routine ku dia langsung nyeletuk “mau tidur aja kok riweuh banget.” padahal aku make produknya ga seberapa malah yang kamu tulis itu banyak yg ke-skip
    wkwkwk :”D
    thanks monic tulisannya bermanfaat^^

    1. admin

      hahaha untuk aset seumur hidup mah 😀

  8. Hai Monic! ^^

    Rangkaian harianku radanya udah komplit kaya yang kamu bilang 😀 entah ya. Udah kebiasaan. Jadi ga merasa berat. Lagian ini kan skincare, bukan makeup. Jadi ga bakalan deh mukanya berat xD

    Tapi rempongnya kalo udh kebiasaan layering, terus kalo mau travelling riweuh sendiri bawanya >.<

    Main2 blog Sherly ya Mon~

    1. admin

      nah bener, banyak orang yg beranggapan skincare layering itu berat padahal nggak seperti yg dibayangin. utk travelling mau gamau mesti dituang ke wadah yang lebih kecil kalo produknya bulky 😀

  9. […] Baca: Apa sih korean skincare layering? […]

Leave a Reply

Required fields are marked*