3 CARA JITU AGAR
LOMBA

Ini Dia 3 Cara Jitu Supaya Mama Nggak Baperan Lagi

Ah belakangan ini saya jadi ikutan kesel gara-gara mama yang lagi baperan, nggak tau maunya apa, semua serba salah dan nggak kebeneran.

Salah satu contohnya; saya disuruh ngupasin bawang diomelin karena katanya kelamaan ngupasinnya, padahal saya ngupasin bawang merah dan putih setengah kilo dengan drama berlinang air mata gara-gara si bawang merah. Terus saya juga disuruh iris-iris bawang yang udah dikupas, nyuruhnya sih begini ‘nanti kalau udah selesai sekalian di iris ya..’ lalu nggak lama kemudian ngomel karena minyaknya udah panas. Lah tadi katanya kalau udah selesai maaaa baru di iris 🙁

tumblr_n0pefhIpss1swyb6ao1_500

Hal seperti ini lumayan sering terjadi dan ‘korbannya’ nggak cuma saya aja, papa dan adek-adek udah sering kena juga hihi. Kalau dilihat dari sudut pandang saya sih tentu hal semacam ini ngeselin banget ya dan rasanya tuh kayak mau luapin aja apa yang saya rasain saat itu juga ke mama. Tapi itu tentunya nggak saya lakukan karena hanya akan memperparah keadaan.

Akhirnya saya coba memposisikan diri jadi mama saya, kira-kira apa yang terjadi kok mama jadi baperan begini. Apa mungkin karena Tommy Page, penyanyi kesayangannya meninggal dunia? Ah itu nggak mungkin, mama bukan tipikal fans garis keras kayak anak jaman sekarang. Apa iya papa nggak kasih uang belanja buat mama? Eh nggak mungkin juga, soalnya baru weekend kemarin diajak belanja di mall.

Dan tiba-tiba … Oh iya, pasti mama kecapekan! Namanya jadi seorang ibu pasti ngerti lah tugasnya banyak sekali yang harus dikerjakan. Mulai dari bangun pagi untuk siapin keperluan sekolah anak-anak, setelah itu belanja ke pasar, masak untuk makan siang, lalu bebenah dan masak lagi untuk makan malam, begitu terus ritme nya setiap hari. Menjadi ibu rumah tangga memang suatu pekerjaan yang punya jobdesc nggak ada habisnya, karena buanyaaaakkkk sekali yang harus dikerjakan.

Saya tuh sayang sekali sama mama karena mama adalah sosok ibu yang nggak pernah menyerah. Dan dalam urusan memberikan yang terbaik untuk keluarga, mama tuh juara, nggak pernah tanggung-tanggung dalam memberikan yang terbaik. Menurutnya semua yang dia lakukan adalah bentuk kasih seorang ibu untuk keluarga. Makanya urusan mama ngedumel dari dulu saya nggak pernah tanggapin langsung, cukup dalam hati aja, nggak mau nambah beban soalnya.

Terus belakangan ini saya jadi merasa bersalah sendiri karena semenjak menikah, waktu saya jadi berkurang untuk bantu mama bebenah dirumah. Meskipun setiap hari tetep ketemu dan kerumah orang tua tapi tetap aja karena saya disana kerja, jadi paling yang bisa saya lakukan hanya menyapu dan cuci piring 🙁
Saya juga ngerti capeknya pasti jadi double karena adek-adek saya itu cowok semua dan pada susah buat disuruh bebenah. ckckck

giphy

Kemudian saya berpikir lagi, OKE WHAT CAN I DO FOR YOU MY DEAR MOM ?? Dan setelah saya renungkan lagi, ternyata masih ada banyak hal yang bisa saya lakukan, yang sebelum nikah juga sering kita lakukan bareng, kenapa nggak kita lakukan bareng lagi aja. AHAAAA !!!

 

1. BELANJA BARENG

belanja bareng mama

Ini nih hadiah yang paling cocok buat mama dan biasanya ampuh bikin mama jadi super hepi. Yang namanya wanita siapa sih yang nolak diajakin belanja bareng atau cuma sekedar window shopping. Belanjanya sih paling sering pasti adalah kebutuhan rumah tangga dan makan bareng, bukan belanja baju atau sepatu. Kalau belanjanya pakai voucher pasti bakal lebih seneng dong? Jadi hadiah yang nggak bakalan mubazir buat mama ya pasti voucher belanja. hihi

elevenia1

Dulu waktu sebelum nikah, saya dan mama suka jalan ke mall berdua (di jam kerja. wkwk. duh maaf ya pak bos). Mama suka minta saran saya kalau beli foundation bagusnya yang kayak gimana, mama kalau mau beli lipstick suka tanya saran saya cocoknya warna apa. Mbak-mbak yang jaga konter make up mau ngebujuk rayu kayak gimana juga kalau saya bilang A ya A. huahahahahaa.

Iya mama segitu percayanya sama saya, nah di momen ini nih yang bikin saya ngerasa kayak jadi temen super deket nya mama. Kadang pas makan juga sambil jadi momen kita buat saling curcol, eeeeeaaaaalaahhhh. Sambil mama juga minta rekomendasi restaurant yang enak tapi nggak bikin kolesterol atau diabetes mama kumat, nah meluncur lah kita kesana.

Dan ada satu hal yang nggak bakal mama lupa yaitu membawa sesuatu untuk orang rumah. Meskipun orang dirumah nggak nitip, tapi pasti mama bakal beliin. Yang dibeli ya lagi lagi adalah makanan! Terjawab sudah kan kenapa saya ini chubby? Karena dari dulu yang diutamakan mama saya adalah kebutuhan perut hahaha. Biarpun mama diabetes namun mama nggak melarang terlalu ketat adik – adik saya untuk makan makanan yang bergizi seperti daging. Ya alasannya simpel, karena mereka butuh asupan gizi yang seimbang dalam masa pertumbuhan mereka. Hanya satu hal yang ditekan oleh mama yaitu junk food.

elevenia2

Mama saya selalu berprinsip bahwa apa yang ia nikmati tanpa anggota keluarga harus ikut juga dirasakan oleh anggota keluarga yang lain. Hal ini adalah bentuk hadiah oleh mama saya untuk orang yang ia sayang, keluarganya 🙂 Sehingga setidaknya anggota keluarga saya bisa ikut merasakan ‘makanan luar rumah’ seperti mama saya walaupun nggak ikut pergi bareng.

 

2. SPA DAY

Photo Credit Thinkstock
Photo Credit Thinkstock

Wah kalau yang satu ini sih favorite nya saya banget. Biasanya sebulan sekali saya dan mama menghabiskan waktu hampir seharian di salon langganan kita berdua di dekat rumah. Karena kalau ke salon kita pasti pilih yang paketan jadi treatment nya lama dan biasanya paketnya itu nggak cuma satu paket. hahahaha.

Paket favorite kita berdua udah pasti kita pilih, yaitu paketan pijit lulur seluruh badan – sauna – mandi susu atau rempah (biasanya mama mandi rempah) – mandi. Nah itu paket basic, diluar paket itu kita pasti ambil beberapa paket lagi yang kita suka. Misalkan mama mau toning jadilah ambil paket creambath – gunting – dan toning. Nah terus saya mau totok aura sama creambath, jadinya saya nambah paket creambath – totok aura – meni pedi.

Dengan paket yang banyak seperti itu, kita berdua bisa menghabiskan waktu minimal 2 jam di salon. Memang sih lama banget tapi keluar dari salon rasanya semua beban dan penderitaan hidup langsung hilang. eh, loh kok?

 

3. MENDENGARKAN

bicara sama mama

Ini adalah hal yang paling sederhana yang bisa saya perbuat untuk mama. Meskipun kelihatannya sepele sekali tapi jangan salah loh, masih banyak anak yang nggak mau sediakan waktunya sebentar saja untuk ngobrol-ngobrol bareng mama nya. Dulu waktu sebelum nikah biasanya paling sering saya ngobrol di kamar sambil pijitin mama dan biasanya itu waktu sebelum tidur. Tapi karena saya udah nggak di rumah orang tua lagi saat malam, akhirnya waktu ngobrol-ngobrol ini jadi lebih sering disaat saya break kira-kira jam 10 pagi sambil bantuin mama masak atau di jam 3 sore sambil minum teh.

Kenapa penting menyediakan waktu untuk ngobrol bareng mama?

Karena menurut saya mendengarkan adalah hal paling sederhana tapi berdampak luar biasa. Gimana sih rasanya kalau kita curhat sama orang lain? Plong kan setelahnya? Begitu juga mama. Iya memang mama kalau ngomong tuh pasti random dari A sampai Z, tapi kita nggak perlu menimpali atau memberi nasihat, cukup di dengarkan aja mama udah lega dan seneng banget kok, trust me! Yang nggak percaya pasti jarang ngobrol bareng mama ya, mulai sekarang cobain gih.

Nggak melulu sih di sesi ngobrol – ngobrol ini mama keluarin unek – uneknya, ya kita bertukar cerita saja. Mama juga sering kasih saya nasihat berharga di momen – momen ngobrol begini. Pernah sih ngerasa mama terlalu bawel kasih nasihatnya, tapi orangtua itu senang kasih advice apa aja ke anaknya. Jadi di dengerin dan diterima aja lah, toh nggak ada ruginya kok buat kita.

Dengan momen ngobrol – ngobrol begini, emosi mama yang terpendam bisa tersalurkan. Selain itu bisa bertukar cerita dan juga dapet nasihat penting. Hayo… hal sederhana yang membawa dampak besar kan?


Yang pernah ngerasain kayak cerita saya diatas coba unjuk gigi? Eh maksudnya coba angkat tangan… By the way kalian biasanya punya hadiah apa sih untuk orang yang puaaaaliiing kalian sayang? Seseorang yang walaupun suka ngeselin tapi tetep kita tak bisa hidup tanpanya, tsahhh..

Coba ceritain juga dong pengalaman kalian di Lomba Blog Cerita Hepi Elevenia. Cuma cuap-cuap aja cerita di blog, kalian berkesempatan menangin hadiah total 30 juta loh. Wih.. apa nggak bikin doi makin hepi juga tuh? Yang mau ikutan langsung klik gambar dibawah ini ya 😉 good luck!

lomba blog elevenia

 

 

  • hai mbak elisa…aku juga kalau lg kecapekan suka uring-uringan nih….jadi pengin spa

    • admin

      ayo spa biar penatnya ilanggggg

  • Ibuk saya jugaa sering baper nih mbak apalagi kalau tanggal tua. Hehehe
    biasanya quality time bareng sama keluarga kalau Ibuk udah mulai bapernya. Sekedar makan bareng atau window shopping gtu. Belanjanya nunggu tanggal muda. Hehehe

    • admin

      Nah bener gitu juga tapi katanya suka malah kesel krn ade2 berantem terus haha 😀

  • Hampir sama treatment saya denganmu Mon, saya kalo emak saya lagi uring2an tinggal bawa ke toko kain yang di revo town. Udahlah itu uring2an berkurang.

    • admin

      Wahhhh sama persis juga mba ipeh, tp kalo itu mah si mama mertua hehehe. Doyan jahit doi soalnya..

  • Salut buat Monic. Pengertian banget. Pengen anak saya kayak Monic 😍

    • admin

      Ahhhh mba mugniar….

  • Bener banget mbak, kalau kita sudah merasa nyaman dan nggak ada beban pasti jauh dari baper. 🙂

    • admin

      Iya mama saya begitu udah adem langsung kalem mba hehe

  • namanya emak2 se galau apapun kalau disuruh belanja ya happy hahahha

    • admin

      hahahaa iya bener..

  • aku sukak belanja bareng, kalau belanja lupa dah semua masalah wkwkwk…

  • Ahh iya aku juga baper pengennya belanja.. haha..

    oiya ngupas bawang spy gak nangis, coba direndam bbrp menit dulu mbak..

    • admin

      Oiyaaaa?? Ah pernah liat emang kayak di drama korea goblin hehe. next time aku cobain.. makasih yaaaaa mba

  • Wuih ikut lomba juga ka, moga menang ka, tp btw bukannya harus di cantumin link address jg ya ka ky di contoh teknik penulisannya?

    • admin

      Yang aku liat di tulisan blogger lain sih nggak, linknya disisipkan di tulisan. Semoga nggak salah ya >.<

  • Waa unyu banget nyalon bareng mama, sukses mba lombanya, mampir blogku jg yuk ikutan cerita hepi jg hihi

  • Obatnya Galau buat emak-emak ia itu … Belanja … ahahahahah