FREE PRINTABLES, PRODUCTIVITY

How To Stay Productive in 3 Quick Steps + Free Printables

Produktifitas adalah hal yang kita perlukan dalam keseharian kita. Kita ingin dalam satu hari dapat mengerjakan banyak hal dengan waktu yang terbatas. Namun sayangnya banyak juga yang merasa keteteran antara pekerjaan dan waktu yang mereka punya. Padahal sebenarnya hal mendasar untuk produktifitas adalah pola pikir yang benar dan langkah-langkah yang sederhana.

Picture

Semua tidak mungkin terlaksana tanpa pola pikir yang benar terlebih dahulu. Untuk dapat menghasilkan sebuah hari yang produktif, kita perlu menerapkan kedisiplinan. Tanpa kedisiplinan tentu tidak akan bisa. Jika sudah terbiasa dengan pola hidup disiplin, berikut ini adalah tools yang dibutuhkan:

1. WAKE UP EARLY IN THE MORNING

If you want an productive days, try to be a morning person. Wake up early and create your mood!
Untuk saya sendiri, mood yang diciptakan di pagi hari akan berpengaruh sepanjang hari. Kalau bangunnya telat lalu ‘grabak grubuk’ seharian bawaannya gelisah, kerja maunya buru-buru selesai, dan susah fokus. Beda banget kalau bangunnya lebih pagi. Dan untuk saya, mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu, mengepel, cuci piring, cuci baju, dll lebih asyik dilakukan dipagi hari. Sehingga sorenya adalah waktu untuk santai atau main. Inspirasi juga banyak saya dapatkan di pagi hari, so be a morning person brings me so many benefits.

2. CREATE TO DO LIST FOR A DAY

Biasanya ini saya lakukan di malam hari sebelum tidur just to keep in mind the top priority untuk besok, atau tasks yang belum selesai dikerjakan. Kemudian to do list ini saya tambahkan sesuai kebutuhan di keesokan harinya.
For instant, i usually use Do It Later app. Mostly for work and blogging thingy i use Evernote for pc. Apapun medianya, yang jelas ini penting untuk saya. To Do List sangat membantu saya tetap fokus pada hal penting yang harus dikerjakan/selesai pada hari itu.
For a simply important tips: make a realistic to do list.

3. LET’S DO IT

Setelah semua hal di tulis di To Do List, lakukan semua hal yang sudah direncanakan. Usahakan untuk tetap fokus pada hal yang sudah di list. Serunya To Do List adalah flexible. Jika ada hal mendadak yang urgent, tentu saya akan priroritaskan hal yang penting untuk diselesaikan terlebih dulu kemudian melanjutkan apa yang sudah tertulis.
Tentu saya pernah dan hampir sering merasa bosan atau lelah. Don’t force yourself, take a break. Biasanya saya mengisi istirahat ini dengan browsing, buka instagram, pinterest atau youtube-ing. Totally me time, kalau bisa jangan ada diruang kerja dulu untuk membantu menjernihkan pikiran. Pastikan saat kerja ya kerja dan istirahat ya istirahat, jangan dilakukan berbarengan apalagi sambil lakukan tugas lainnya saat tugas yang dikerjakan belum selesai.Multitasking is good, but multitasking often kills my focus.

 Alright, i just made a To Do List and Time Planner just for free for you guys. To make it muuuccchh easier. You can download by clicking button below.

SPRINGTIME

3 Comments

  1. […] Baca : How To Stay Productive in 3 Quick Steps […]

  2. Ada free printable, yeay 😀

    Menurut saya kunci awalnya ada di bangun pagi itu mbak, yang lain bisa mengikuti. Kalau udah bangun pagi soalnya waktu lebih banyak sehingga bisa dimanfaatin dengan lebih baik. To do list pun bisa dicoret satu persatu dengan lebih cepat karena waktu luang lebih banyak. Hehehe.

    1. admin

      iya benerrr.. untuk work from home woman kayak saya ini kalo bangun kesiangan gak keburu ngerjain kerjaan rumah juga.

Leave a Reply

Required fields are marked*